Rabu, 16 Juni 2010

Manajemen Memory


·         Binding : adalah proses penempatan suatu item ke dalam lokasi memori tertentu.
·         Dynamic Loading : salah satu konsep manajemen memori dimana tidak semua bagian program diambil ke memori, hanya bagian-bagian yang diperlukan saja yang harus tetap tinggal dalam memori.
·         Dynamic Linking : konsepnya sama dengan dynamic loading, hanya saja tekanannya pada proses linking. Dengan adanya dynamic linking ini dimungkinkan adanya share library yang dibuat oleh suatu aplikasi untuk digunakan oleh aplikasi lainnya. 



        

·         Swapping – Overlay : membagi program yang besar menjadi bagian bagian yang lebih kecil dan dapat dimuat dalam memori utama, jika terlalu banyak prosesnya dapat dialihkan sementara dari memori ke suatu tempat penyimpanan, dan dipanggil kembali ke memori jika akan melanjutkan eksekusi.
·         Compaction : Compaction mengijinkan suatu program digeser di meori tanpa ada perubahan pada program itu sendiri. Hal ini berarti alamat logika dapat direlokasikan secara dinamis pada saat eksekusi.
·         Memori Maya – Memori Nyata : Memori maya adalah kemampuan mengalamati ruang memori melebihi memori utama yang tersedia. Sedangkan memory nyata adalah  memori fisik yang sudah ada dalam sebuah computer.
·         Dynamic Partitions – Static Partitions : Pemartisan statis tidak menarik karena memori terlalu banyak diboroskan proses-proses yang lebih kecil dibanding partisi yang ditempatinya. Dengan pemartisan dinamis maka jumlah, lokasi dan ukuran proses di memori dapat beragam sepanjang waktu secara dinamis. Proses yang akan masuk ke memori segera dibuatkan partisi untuknya sesuai kebutuhannya. Teknik ini meningkatkan utilisasi memori.
·         Monoprogramming – Multiprogramming : Salah satu klasifikasi manajemen memori didasarkan pada ada/tidaknya swapping. Manajemen memori tanpa swapping terdiri dari manajemen monoprogramming dan multiprogramming dengan partisi statis. Sedangkan multiprogramming dengan partisi dinamis termasuk manajemen memori dengan swapping.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar